Skip to main content

10 Cara Menghemat Uang Agar Tidak Boros

Anda merasa tidak boros, tapi uang selalu habis? Ini kemungkinan besar dipicu oleh kebiasaan kecil atau sepele. Faktanya, ada banyak kebiasaan kecil yang membuat uang Anda cepat habis. Karena itu, Anda harus tahu cara menabung untuk mengatasinya.

Saat ini, kebanyakan orang sulit menyisihkan uangnya. Hal ini disebabkan gaya hidup masyarakat yang konsumtif. Jadi, Anda harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat untuk menabung.

Cara menghemat uang gaji masih menjadi pantangan bagi kebanyakan orang. Jika Anda melakukannya setiap hari, itu akan berdampak besar pada keuangan Anda. Ditambah Anda harus mengeluarkan biaya pendidikan buah hati Anda hingga perguruan tinggi.

Bagi Anda yang ingin menabung, silahkan simak cara menghemat uang agar tidak mubazir:

1. Tentukan Pendapatan dan Beban

Cara pertama untuk menabung uang bulanan adalah dengan menentukan pendapatan dan pengeluaran per bulan. Dengan begini, Anda bisa mengetahui apakah kondisi keuangan Anda sedang baik atau tidak.

Namun proses ini akan sulit jika pengeluaran Anda lebih besar dari pendapatan. Jika ini terjadi, Anda dapat mengatur ulang apa yang perlu diprioritaskan.

2. Atur Perencanaan Tabungan

Untuk membuat arus kas keuangan Anda lebih jelas, pertimbangkan untuk membuat rencana tabungan. Jenis tabungan ini memiliki sistem yang cukup ketat. Kami menganjurkan agar Anda juga memisahkan rekening harian dan tabungan.

Jika Anda sudah mempunyai tabungan berencana, maka Anda bisa menginvestasikan atau menyimpan dana pendidikan anak Anda. Anda juga harus bijak dalam menggunakan uang bulanan Anda.

Caranya, sisihkan uang yang bisa didebet secara otomatis. Jika saldo akun Anda tidak mencukupi, Anda akan dikenakan denda. Artinya, Anda harus menyiapkan anggaran atau dana untuk rencana tabungan.

3. Jangan konsumtif

Cara menghemat uang agar bisa berhemat adalah dengan mengurangi kebiasaan belanja yang tidak perlu. Misalnya, Anda membutuhkan waktu hingga satu jam untuk membeli suatu barang, maka cobalah mengubahnya dengan memikirkannya satu hari sebelum membelinya.

Jika Anda melakukan ini, Anda akan menyadari bahwa barang yang ingin Anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

4. Berinvestasi dan Menabung

Kurangi membeli barang atau kebutuhan lain yang tidak perlu, karena Anda dapat menggunakannya untuk investasi dan tabungan. Di era modern sekarang ini, kedua hal tersebut memiliki peran penting dalam mengatur keuangan Anda.

Tujuan menabung adalah untuk mengatur keuangan dengan baik untukmemenuhi kebutuhan yang akan terjadi dimasa depan, terutama untuk membiayai pendidikan anak. Sedangkan untuk investasi, Anda bisa menjaga nilai aset dari inflasi. Anda dapat mencoba berinvestasi dalam emas dan saham.

5. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan sangatlah penting agar Anda tidak mudah sakit. Apalagi biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Karena itu, Anda harus rajin berolahraga dan menerapkan pola makan secara teratur.

6. Jangan Menggunakan Kartu Kredit Secara Berlebihan

Beberapa orang menggunakan kartu kredit dengan bijaksana, tetapi beberapa tidak disiplin saat menggunakannya. Salah satu cara untuk menghemat uang dengan baik adalah dengan tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan.

Ini karena hutang Anda akan menumpuk dan akan sulit untuk membayarnya. Jika perlu, Anda dapat membawa uang tunai saat bepergian. Jadi, Anda akan belajar bagaimana menggunakan uang dengan bijak.

Anda tidak hanya memotong pembelian yang tidak perlu, Anda juga dapat memanfaatkan anggaran bulanan dengan baik.

7. Gunakan Transportasi Umum

Pemerintah telah melakukan upaya untuk meningkatkan sarana dan transportasi umum. Tujuannya agar masyarakat Indonesia menjauh dari kendaraan pribadi dan memilih angkutan umum.

Selain lebih hemat, Anda juga turut andil dalam mengurangi polusi udara yang ditimbulkan dari kendaraan pribadi.

8. Hindari Godaan

Gaya hidup masyarakat saat ini tidak sesuai dengan penghasilan yang diperoleh. Namun, ada pekerjaan yang memaksa Anda menghabiskan banyak uang, selalu bergaul dengan banyak orang untuk menghabiskan lebih banyak, dan tempat tinggal di dekat pusat perbelanjaan.

Cara menghemat uang supaya tidak cepat habis ialah dengan menghindari godaan. Anda bisa mengurangi kebiasaan pergi ke pusat perbelanjaan dan berupaya menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Juga, kurangi pertemuan yang tidak diperlukan dengan teman-teman Anda.

9. Membawa perbekalan ke kantor

Membawa perbekalan ke kantor merupakan salah satu cara menghemat uang setiap hari. Dengan membawa bekal dari rumah, pastinya Anda dapat memangkas pengeluaran sehari-hari.

Jika Anda tidak makan siang, Anda mungkin bisa menghabiskan sekitar Rp 20.000 atau lebih untuk makan siang. Jika dikalikan dengan lima hari kerja, Anda bisa menghabiskan sekitar Rp. 100.000 hanya untuk makan siang. Apalagi ini belum termasuk membeli jajanan di minimarket dan lainnya.

Selain dapat menghemat uang jajan harian, makanan yang kita konsumsi pastinya lebih higienis dan kaya nutrisi.

10. Beli Barang Berkualitas

Membeli barang berkualitas mungkin terdengar mahal, tetapi Anda harus memikirkannya lagi. Jika Anda menghabiskan Rp. 100.000 untuk membeli produk, kemudian membelinya setiap dua bulan, dikenakan biaya Rp. 600.000 untuk satu tahun membeli produk.

Solusinya beli barang berkualitas dengan harga sekitar Rp 400.000, tapi awet dan lebih awet.

Kini Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya sekolah anak. Sebab, Pintek hadir sebagai solusi terbaik dalam memberikan dana pinjaman. Lembaga teknologi keuangan ini membantu Anda mempersiapkan masa depan anak Anda.

Ada sekitar 68 perguruan tinggi di Indonesia yang bekerjasama dengan Pintek untuk program angsuran SPP.

Setelah mengetahui cara berhemat, Anda bisa langsung mengaplikasikannya dalam aktivitas sehari-hari.

Biasanya, pemborosan kebiasaan muncul karena keinginan dan kebutuhan yang tidak penting. Jangan sampai mengganggu dana pendidikan untuk anak.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar