Skip to main content

10 Tips Jual Online untuk Pemula

Saat ini hampir semua aktivitas dan kehidupan masyarakat telah bergeser ke dunia digital, termasuk di bidang bisnis atau usaha. Banyak pelaku usaha, terutama usaha kecil dan menengah (UKM), telah beralih berjualan secara online di berbagai platform atau e-commerce.

Menjual secara online sepertinya mudah, namun sebenarnya menjual secara online juga memiliki tantangan tersendiri. Untuk kamu yang baru mulai berjualan secara online sebaiknya baca dulu tips-tips berikut yang dikutip dari score.org dan beberapa sumber lainnya.

1. Buat Strategi SEO

Saat Anda mulai berjualan online, Anda harus sadar bahwa ada 'senjata' tambahan untuk meningkatkan transaksi toko online Anda yaitu teknologi. Pengetahuan tentang teknologi seperti optimasi mesin pencari (SEO) harus dikuasai. Dengan menguasai SEO atau kata kunci yang tepat, produk yang Anda jual bisa lebih sering muncul di mesin pencari.

2. Pilih Platform atau e-Commerce yang Tepat

Platform / e-commerce adalah media atau 'toko' tempat Anda berjualan. Setiap e-commerce memiliki karakteristiknya masing-masing. Anda harus terlebih dahulu mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing e-commerce sebelum Anda memutuskan di mana akan menjual.

3. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Saat berjualan online, pastikan Anda memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Berikan juga informasi yang jelas terkait produk yang Anda jual, agar pelanggan lebih terbantu selama proses pembelian. Dengan layanan dan informasi yang baik, mereka kemungkinan besar akan memberi toko Anda testimonial yang bagus.

4. Buat Banyak Konten

Menjual secara online bukan hanya soal produk yang bagus dan berkualitas, tapi juga membutuhkan strategi yang cerdas. Salah satunya dengan membuat beberapa konten tentang produk Anda. Anda bisa membuat artikel di blog, membuat website, hingga video YouTube tentang review produk Anda.

5. Buat Sesuatu yang Unik

Di pasar digital banyak sekali produk serupa yang bisa ditemukan. Misalnya jika Anda menjual masker, maka akan banyak pesaing yang juga menjual produk yang sama. Karena itu, ciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dari produk yang Anda jual. Misalnya masker dengan desain unik, mudah dipakai dan bersifat antibakteri.

6. Perhatikan keamanan situs

Dalam berjualan secara online, aspek keamanan sangatlah penting. Baik itu keamanan dalam pembayaran maupun keamanan data pelanggan. Dengan situs yang aman, pelanggan akan nyaman dan percaya diri saat berbelanja di toko online Anda.

7. Hitungan promo

Strategi bisnis lainnya adalah memberikan promo kepada pelanggan. Tidak bisa dipungkiri pelanggan sangat menyukai promo. Promo juga mampu meningkatkan transaksi penjualan. Namun sebelum memberikan promo pastikan sesuai dengan perhitungan yang benar dan tidak akan membuat anda rugi.

8. Lakukan Evaluasi

Evaluasi bisnis juga sangat penting dilakukan. Dengan mengevaluasi bisnis, Anda dapat mengetahui apa yang Anda lewatkan dan apa yang Anda lakukan dengan benar. Anda juga dapat menambahkan strategi baru jika Anda memiliki hasil evaluasi yang kurang memuaskan.

9. Cobalah Menjual Produk Yang Banyak Dibutuhkan

Menjual produk yang sangat dibutuhkan masyarakat juga dapat meningkatkan peluang transaksi dan keuntungan yang lebih besar. Misalnya saat terjadi pandemi, banyak orang mulai membeli produk yang berkaitan dengan hobinya agar tidak bosan di rumah seperti sepeda, tanaman, ikan cupang, dan lain sebagainya.

10. Manfaatkan fitur e-Commerce

Ada banyak fitur dalam e-commerce yang dapat Anda temukan untuk membantu bisnis Anda. Di Tokopedia misalnya, ada fitur Proudly Made in Indonesia. Dengan fitur ini, masyarakat bisa langsung menemukan produk lokal dari berbagai kategori. Mulai dari fashion, kecantikan, makanan dan minuman, rumah tangga dan masih banyak lagi.

Ada juga fitur Tokopedia Play. Melalui channel video streaming ini, seller di Tokopedia yang hampir 100% UMKMnya adalah UMKM dapat melakukan promosi yang interaktif dan menghibur. Pembeli bisa menyaksikan dan mendapatkan berbagai penawaran menarik yang bisa membuat belanja lebih hemat.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar