Skip to main content

7 Tips Memulai Bisnis dari Kecil

Beberapa orang selalu dihantui rasa khawatir dan takut memulai, salah satunya adalah memulai bisnis.

Biasanya alasannya tidak jauh dari takut gagal, takut kalah, dan sebagainya. Akhirnya usahanya tidak berjalan.

Nah, untuk menghindari kegagalan, dikutip dari Forbes, Sabtu (10/8/2019), berikut tips yang bisa digunakan untuk membantu Anda memulai bisnis sederhana:

1. Tidak punya banyak alasan

Untuk memulai bisnis hindari banyak alasan. Jika Anda merasa nyaman untuk terus membuat alasan, Anda akan terus terjebak dalam lingkaran yang aman.

Salah satu caranya adalah menghadapinya. Khawatir tentang risiko memiliki bisnis adalah hal yang wajar. Alasan hanya memperlambat untuk mencapai tujuan.

Jadi, cara untuk mengatasi alasan ini adalah dengan memulainya.

2. Terima semua entri

Mendengarkan adalah kunci sukses. Dengarkan nasihat dari para senior bisnis dan dari siapa pun yang memahami masalah bisnis. Dengan mendengarkan Anda akan memiliki pengetahuan baru dan mengembangkannya secara detail.

Dengarkan opini kolektif dari rekan atau kerabat karena itu akan menjadi cerminan bagaimana konsumen bereaksi terhadap produk yang Anda buat. Jangan abaikan kekuatan nasihat.

3. Pikirkan solusinya

Daripada memikirkan produk apa yang akan dijual, lebih baik pikirkan apa masalahnya sekarang dan jadikanlah sebagai bisnis.

Segmentasi pasar jauh lebih mudah. Ketahui masalah apa yang dihadapi pelanggan target Anda dan bagaimana menyelesaikannya.

4. Buat sesederhana mungkin

Sebagai seorang pemula dalam bisnis, mulailah dengan bisnis baru yang sederhana daripada langsung membuat bisnis besar yang akhirnya menghasilkan produk yang mahal dan tidak diinginkan. Ini untuk mencegah kegagalan bisnis awal.

5. Rencanakan untuk berjaga-jaga

Bayangkan ketika Anda benar-benar tidak punya uang karena bisnis Anda terus mengalami kerugian. Ini membuat Anda waspada untuk mengurangi kemungkinan itu.

Setidaknya jika bisnis Anda benar-benar gagal, masih ada tumpukan rencana yang mungkin akan menghasilkan yang terburuk di masa depan.

6. Lakukan secara bertahap

Sebagai pebisnis baru, dibutuhkan waktu untuk dapat menghasilkan pendapatan tetap hingga bisnis Anda berjalan dengan mantap sendiri.

Untuk mendapatkan penghasilan tetap, dibutuhkan pengorbanan pada tahap pertama. Begitu arus bisnis mulai menggambarkan, saat itulah Anda memiliki arus kas yang sehat.

7. Bicarakan tentang bisnis Anda

Percaya diri dengan bisnis Anda sehingga dapat meyakinkan konsumen untuk menggunakan produk yang Anda buat.

Singkirkan kekhawatiran Anda tentang membicarakannya di depan umum. Seperti kata pepatah, berpura-puralah sampai Anda berhasil. Bersiaplah untuk menyebar dengan memasarkan bisnis Anda.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar