Skip to main content

Tips Dasar Mengembangkan Bisnis untuk Pemula

Menghasilkan bisnis baru dengan menumbuhkan basis pelanggan itu penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Namun, terkadang itu bisa sangat menantang. Untuk dapat mempertahankan bahkan mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan, para pebisnis baru sangat perlu mempelajari berbagai hal agar lebih sukses.

Melansir dari laman smallbusiness, berikut beberapa tips dasar dan praktis untuk membantu menumbuhkan basis pelanggan Anda:

1. Kenali pelanggan

Pahami kebutuhan pelanggan, kembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat memperoleh wawasan mengenai pelanggan dengan mempersonalisasi layanan dan mendorong mereka untuk memberikan umpan balik tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Umpan balik berguna bagi para pebisnis untuk melakukan evaluasi di masa depan.

2. Menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa

Pastikan layanan pelanggan Anda luar biasa dan bekerja ekstra. Pelanggan tidak hanya akan mengingat layanan yang hebat, mereka juga akan cenderung mengundang orang lain untuk mencoba produk atau layanan bisnis Anda dan mereka pasti akan kembali.

Jangan menganggap ini sebagai hal kecil. Selalu pantau dan tingkatkan layanan baik Anda yang diberikan kepada pelanggan.

3. Memelihara pelanggan yang sudah ada dan mencari peluang baru

Miliki strategi untuk memelihara pelanggan yang sudah ada, tetaplah berhubungan dengan mereka melalui buletin elektronik atau memberi tahu mereka tentang acara promosi sebelumnya. Dapat juga memberikan layanan pembuatan memeber bagi pelanggan dengan manfaat bagi pelanggan itu sendiri.

Pada saat yang sama, cari kesempatan untuk menemukan lebih banyak pekerjaan dan membangun basis pelanggan Anda. Pastikan untuk menemukan keseimbangan yang tepat antara memelihara pelanggan dan menemukan yang baru.

4. Manfaatkan penggunaan media sosial

Media sosial adalah alat yang ampuh guna mempromosikan bisnis ke pelanggan potensial dan mendapatkan wawasan berharga. Manfaatkan platform ini untuk bisa menjangkau banyak pelanggan.

Lakukan social listening, yang berfungsi untuk mengetahui apa yang dikatakan pelanggan tentang bisnis Anda, mendapatkan insight tentang perilakunya, mengidentifikasi kata kunci dan tren yang diminati oleh target pasar Anda, sehingga akan meningkatkan layanan pelanggan.

Media sosial dapat membantu Anda membangun profil bisnis dan menarik pelanggan baru.

5. Hadiri acara jaringan

Investasikan waktu dalam jaringan, ini bukan apa yang Anda ketahui, tetapi siapa yang Anda kenal. Jaringan memungkinkan untuk membangun hubungan dengan orang lain dan mendorong mereka guna merujuk pelanggan ke bisnis kita dari mulut ke mulut. Tentu saja ini akan berdampak baik bagi para pebisnis.

6. Atur acara

Mengorganisir acara Anda sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal pelanggan Anda dan membangun hubungan. Undang beberapa pelanggan terbaik dan dorong mereka untuk membawa teman-teman mereka. Bagikan diskon untuk sejumlah pelanggan tertentu sehingga lebih banyak lagi yang tertarik.

7. Memberi kembali kepada komunitas

Membangun kesadaran merek dengan komunitas lokal adalah cara yang bagus untuk menarik bisnis baru. Pertimbangkan untuk mensponsori atau berpartisipasi dalam acara komunitas untuk meningkatkan profil bisnis Anda.

8. Ukur apa yang berhasil dan tingkatkan pendekatan untuk pelanggan

Selalu pantau dari mana asal pelanggan untuk mengukur apakah kegiatan pemasaran berhasil atau tidak. Jangan takut bereksperimen. Perbaiki pendekatan Anda ketika ada hal-hal yang tidak berhasil dan lebih fokus pada aktivitas yang mencapai hasil terbaik.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar