Skip to main content

6 Tips Menghemat Uang untuk Belanja bagi yang Berpenghasilan Pas-pasan

Bahan pangan atau kebutuhan rumah tangga merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun, masalahnya banyak orang dalam berbelanja menghabiskan lebih dari anggaran yang direncanakan.
Pada akhirnya akan semakin banyak pengeluaran untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Berikut beberapa tip untuk mengurangi pengeluaran.

Siapkan Daftar Belanja

Sebelum Anda berbelanja, luangkanlah waktu untuk membuat daftar belanjaan. Jelajahi penawaran toko dan lihat apakah barang yang Anda butuhkan sedang diobral atau tidak.

Setelah Anda memiliki daftar belanjaan, rak utama yang Anda datangi ke toko adalah perlengkapan dapur. Selain itu, jangan berbelanja di toko yang tidak memiliki katalog atau daftar harga.

Belanja Online


Dengan berbelanja online, dapat menjadi rekomendasi untuk memantau seberapa besar pengeluaran Anda untuk kebutuhan dasar. Jauh lebih mudah untuk mengeluarkan barang dari keranjang virtual jika total pembelian Anda melebihi anggaran yang sudah direncanakan, daripada meminta kasir untuk memotongnya di toko fisik.

Beberapa toko grosir besar, termasuk Kroger, Albertsons, Target dan Walmart, menawarkan belanja online dengan fasilitas penjemputan gratis.

Perhatikan harga per unit produk

Harga terendah tidak selalu merupakan penawaran terbaik. Perhatikan harga per unit. Misalnya, saat Anda ingin membeli kecap, harga botol 32 ons Rp. 27.900 sedangkan botol 38 ons berharga Rp. 29.900. Botol yang lebih besar harganya hampir Rp. 800 per ons sedangkan yang lebih kecil harganya hampir Rp. 900.

Bisa disimpulkan, bisa jadi barang yang lebih besar lebih murah daripada membeli satuan kecil, namun harga yang ditawarkan sedikit berbanding lurus dengan satuan besar.

Hemat uang dengan Bumbu Instan

Sekarang banyak beredar bahan makanan atau bumbu instan. Kemungkinan harganya akan lebih mahal, tapi Anda dapat menghemat penggunaannya dalam mengakalinya.

Makanan kemasan dan makanan siap saji juga cenderung memiliki label harga yang lebih tinggi. Anda bisa menyimpannya di lemari es untuk menjaga keawetan makanan.

Gunakan Aplikasi Loyalitas Toko

Mendapatkan diskon lebih menghemat uang dan waktu. Anda dapat bergabung dengan program loyalitas toko, caranya mengikuti mereka di media sosial dan mengunduh aplikasi mereka untuk menemukan kupon dan penawaran lainnya.

Memperoleh diskon dapat menghemat lebih banyak uang dan waktu. Anda dapat bergabung dengan program loyalitas toko, mengikuti mereka di media sosial dan mengunduh aplikasi mereka untuk menemukan kupon dan penawaran lainnya.

Dapatkan Cashback

Cara lain untuk menghemat pengeluaran belanja, cari pembayaran dengan uang kembali atau cash back. Selain itu shop member juga bisa dimanfaatkan, biasanya dengan mengumpulkan poin kamu bisa mendapatkan hadiah atau diskon dari poin yang sudah terkumpul.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar