Skip to main content

3 Langkah Mengeringkan Smartphone yang Terendam Banjir

Banjir telah terjadi di beberapa daerah dalam beberapa hari terakhir. Tentunya masyarakat memiliki berbagai barang berharga yang harus diselamatkan dari banjir.

Salah satu hal penting selain dokumen berharga adalah smartphone. Alat elektronik ini sangat penting untuk tetap terhubung dengan keluarga atau pihak lain dalam situasi darurat seperti banjir.

Cara paling populer untuk mengeringkan smartphone saat banjir adalah dengan menaruhnya di dalam beras beberapa saat. Namun, sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan, seperti yang dirangkum berikut ini.

Buka Perangkat Ponsel

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan panik. Lepaskan aksesori atau komponen lain yang bisa dibuka di ponsel cerdas Anda.

Air biasanya masuk ke perangkat melalui celah kecil. Sebut saja slot untuk kartu memori dan kartu SIM Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan casing belakang tambahan, Anda juga perlu melepasnya. Pastikan bagian alat disimpan di tempat yang kering secara terpisah. Artinya, tidak ditumpuk di satu tempat.

Perhatikan perangkat yang sudah kamu buka, jangan sampai ketinggalan apalagi hilang.

Keringkan dengan Kain Lap

Cara selanjutnya adalah Anda perlu mengeringkan semua bagian perangkat yang sebelumnya telah dibuka dengan kain.

Pastikan Anda menggunakan kain dengan daya serap tinggi, seperti kain berbahan mikrofiber. Hindari menggunakan kain chamois, karena biasanya menyimpan banyak air, padahal daya serapnya cukup tinggi.

Jangan mengelap smartphone dengan menggosoknya karena ini bisa membuat Anda tidak sengaja mendorong air ke celah-celah kecil lainnya. Anda hanya perlu mengetuk bagian-bagian smartphone secara perlahan.

Gunakan penyedot debu

Berbagai saran menyarankan untuk menggunakan penyedot debu sebagai pengganti pengering rambut. Pasalnya, menggunakan hairdryer dengan panas yang dipancarkan berpotensi menimbulkan kerusakan lain pada smartphone.

Komponen yang tidak terlihat terkadang mudah rusak dalam kondisi suhu panas tertentu.

Gunakan penyedot debu pada bukaan yang terbuka, seperti lubang speaker dan soket pengisi daya. Kemudian perhatikan juga sela-sela di pojok smartphone dan di samping kamera.

Penyedot vakum tersebut diharapkan mampu menyedot air yang masuk melalui celah-celah tersebut. Setelah itu, Anda perlu kembali melakukan langkah kedua dengan mengeringkan bagian-bagiannya.

Perlu diperhatikan, jangan terburu-buru menyalakan smartphone kamu, bisa jadi air yang terjebak di dalam smartphone. Tunggu hingga Anda benar-benar yakin perangkat benar-benar kering.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar