4 Dampak Buruk Tidur Dengan Ponsel Menurut Kemkominfo

Admin

Penggunaan handphone di era digital seperti sekarang ini sangat sulit untuk dihindarkan, bahkan untuk tidur sekalipun. Sebaiknya ubah kebiasaan Anda, jangan biarkan perangkat elektronik berada di dekat posisi tidur Anda. Bahaya!

Ada ancaman yang tidak Anda sadari dengan kebiasaan tidur di dekat ponsel, seperti mengganggu kualitas tidur hingga mengatasi tumor atau kanker. Tentunya hal ini sangat berbahaya dan Anda masih bisa mencegahnya dengan mengubah kebiasaan membawa gadget saat tidur.

Demikian disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam tweet melalui akun @kemkominfo.

Tidur dengan ponsel bisa berdampak buruk pada kesehatan dan kualitas tidur seseorang. Berikut adalah beberapa dampak buruk tidur dengan ponsel:

  1. Gangguan pola tidur: Ponsel dapat memengaruhi pola tidur seseorang karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar ponsel dapat menekan produksi hormon melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun seseorang.
  2. Stres: Tidur dengan ponsel dapat membuat seseorang merasa tertekan karena mereka selalu terhubung dengan dunia luar. Pesan atau notifikasi yang masuk dapat menyebabkan stres dan kegelisahan, mengganggu kualitas tidur.
  3. Risiko kesehatan: Tidur dengan ponsel dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti sakit kepala, kelelahan mata, dan masalah postur tubuh akibat posisi tidur yang salah karena memegang ponsel.
  4. Ketergantungan: Tidur dengan ponsel dapat membuat seseorang menjadi terlalu bergantung pada teknologi, dan mengganggu waktu istirahat dan tidur yang cukup yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini juga dapat memengaruhi produktivitas dan kesehatan secara keseluruhan.

Sedangkan kominfo mengungkapkan setidaknya ada empat dampak buruk yang diterima:

  1. Radio elektromagnetik pada ponsel dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda
  2. Ponsel juga bisa membuat Anda sulit tidur karena paparan cahaya yang mengenai mata Anda
  3. Saat mengisi daya di belakang bantal, dapat menyebabkan panas berlebih dan kebakaran
  4. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan radio ponsel dapat mempengaruhi sistem saraf manusia hingga menyebabkan tumor dan kanker.

Tidak hanya mengungkap dampak buruk membawa ponsel Anda ke mode tidur. Kominfo juga memberikan tips sederhana yang tentunya bisa diaplikasikan dengan mudah yaitu:

  1. Jauhkan ponsel dari tempat tidur
  2. Ubah ponsel Anda menjadi mode pesawat
  3. Hindari menggunakan ponsel sebelum tidur
  4. Lebih jarang periksa ponsel Anda

Mudah kan? Yuk, hindari efek yang bikin kamu menyesal nantinya dengan menghilangkan kebiasaan tidur dekat HP kamu.

Suka tidur di dekat ponselmu? Hindari memulai sekarang.

-Sebuah benang-

- Kementerian Komunikasi dan Informatika (@kemkominfo) 4 Desember 2020

Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari tidur dengan ponsel dan memprioritaskan waktu tidur dan istirahat yang berkualitas untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Komentar