Skip to main content

9 Efek Samping Covid -19 yang Ditemukan Peneliti

Ilmuwan di seluruh dunia masih mempelajari efek samping COVID-19 atau yang biasa disebut Long COVID. Menurut para ahli, ada dua dari lima orang yang mengeluhkan masalah pada perut beberapa bulan setelah terinfeksi virus Corona.

Penelitian baru dari China menemukan bahwa sekitar 43 persen orang yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19 mengalami masalah gastrointestinal 90 hari setelah meninggalkan rumah sakit.

Selain itu, mereka memeriksa data dari 117 pasien di 12 rumah sakit di provinsi Hubei dan Guangdong, China, antara 16 Januari dan 7 Maret 2020.

Mereka menemukan bahwa 52 dari 117 orang mengalami masalah perut dalam waktu 3 bulan setelah meninggalkan rumah sakit dan hanya satu yang benar-benar sembuh.

Dikutip dari laman The Sun, berikut beberapa efek samping akibat virus Corona atau Long COVID.

  1. Menurut penelitian di jurnal medis Lancet, masalah paling umum setelah sembuh dari virus Corona adalah hilangnya nafsu makan yang mempengaruhi sekitar 24 persen pasien.
  2. Sebanyak 18 persen mengalami efek samping mual dan refluks asam.
  3. 15 persen lainnya yang sembuh dari virus Corona mengalami diare.
  4. Ada gejala yang kurang umum termasuk kembung pada 14 persen pasien.
  5. Bersendawa pada 10 persen pasien
  6. 9 persen pasien juga mengalami muntah.
  7. 7 persen pasien mengalami sakit perut setelah keluar dari rumah sakit.
  8. Sementara itu, darah dalam feses merupakan efek samping yang jarang dilaporkan hanya oleh 2 pasien.
  9. Para peneliti mengatakan bahwa dari 52 pasien, 65 persen di antaranya mengalami gejala terkait perut saat berada di rumah sakit.

Hanya 6 persen yang mengalami efek samping setelah keluar dari rumah sakit. Sedangkan 29 persen sudah mengalami gejala yang berkaitan dengan masalah perut saat dirawat di rumah sakit.

Tak satu pun dari 65 pasien lainnya dalam penelitian ini tidak melaporkan masalah gastrointestinal yang persisten setelah keluar dari rumah sakit.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar