Skip to main content

Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud 2021 Gratis untuk Semua Operator

Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2021 telah disalurkan. Untuk mengecek kuota gratis di masing-masing operator seluler, kewalix.com telah merangkum langkah-langkahnya.

Sebagai informasi, bantuan kuota Kemendikbud 2021 akan diberikan kepada siswa, guru, mahasiswa dan dosen setiap 11-15 setiap bulan. Subsidi untuk menunjang kebutuhan Belajar Jarak Jauh (PJJ) alias pembelajaran online ini berlaku selama tiga bulan, mulai Maret-Mei 2021.

Dengan bantuan kuota gratis volume II ini, PAUD akan mendapatkan kuota 7GB dan siswa akan mendapatkan kuota 10GB. Sedangkan kuota guru sebesar 12GB, dan kuota 15GB untuk level Mahasiswa dan Dosen.

Berikut cara cek kuota bantuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2021 dari semua operator:

1. Cek kuota bantuan Indosat Ooredoo

Menurut situs resmi Indosat Ooredoo, pengguna IM3 Ooredoo dapat mengetahui statusnya dan mengecek kuota melalui * 123 * 075 # atau aplikasi myIM3. Cara lain untuk mengecek kuota bantuan bisa melalui akun Resmi Whatsapp IM3 Ooredoo di bit.ly/im3whatsapp, atau mengunjungi im3ooredoo.com/bantuankuotainternet.

Kuota tersebut dapat digunakan selama 24 jam untuk mengakses internet di lebih dari 300 portal dan platform pendidikan yaitu Zoom, Microsoft Teams, Google Classroom, Sekolahmu, Ruangguru, dan Zenius.

2. Cek kuota untuk bantuan Telkomsel

Untuk Telkomsel, kuota bantuan Kemendikbud 2021 sudah termasuk dalam kuota umum. Pengguna Simpati, AS card, Loop, dan By.U yang telah terdaftar di Dapodik akan mendapatkan SMS notifikasi yang dikirimkan oleh Telkomsel. Cara cek kuota pelanggan dapat mengakses menu dial * 363 #, * 888 # atau melalui aplikasi MyTelkomsel.

Kuota dapat digunakan untuk mengakses berbagai situs yang dibutuhkan untuk pembelajaran online, kecuali untuk mengakses Twitter, Instagram, Facebook, dan TikTok.

3. Cek kuota untuk bantuan Smartfren

Sama seperti yang lainnya, jika Anda penerima bantuan kuota Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Anda juga akan mendapat notifikasi melalui SMS. Untuk mengecek kuota internet bagi pengguna Smartfren, Anda juga dapat mengetik * 123 # atau * 995 # melalui telepon.

4. Cek kuota untuk bantuan XL dan Axis

Penerima bantuan kuota Kemendikbud akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Selain itu, pengguna dapat mengecek kuota sendiri melalui aplikasi myXL, AXISnet atau myXLprio. Atau, Anda dapat menekan * 123 * 7 * 1 * 6 * 3 #.

5. Periksa kuota bantuan Tri

Nanti akan ada SMS notifikasi untuk pengguna yang mendapatkan bantuan kuota Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2021. Pengguna Tri dapat mengecek bantuan kuota internet melalui nomor * 123 * 10 * 3 #. Pengecekan juga bisa dilakukan melalui aplikasi Bima + yang akan menampilkan informasi di kolom 'aplikasi dan kuota pendidikan'.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar