Skip to main content

Mengatasi Kunci Sidik Jari Seluler Tidak Responsif

Tahukah Anda, ada banyak cara untuk mengamankan ponsel agar tidak sembarang orang bisa membuka ponsel kita.

Karena menurut saya ponsel adalah milik pribadi yang tidak bisa dibuka oleh orang lain, bahkan oleh pasangan kita sendiri.

Cara mengunci ponsel sekaligus membuka kuncinya bisa menggunakan berbagai cara

Kita bisa mengunci menggunakan kunci pola atau kunci pola yang menghubungkan beberapa titik dalam satu sentuhan.

Atau gunakan kunci PIN dengan menggabungkan beberapa angka menjadi satu kunci. Cara ini aman.

Ingin lebih aman lagi, kita bisa menggunakan kode sandi. Kunci sandi berbeda dengan kunci PIN.

Jika kunci PIN hanya menggabungkan angka, kunci sandi menggabungkan angka dan huruf.

Cara ini sangat aman dibandingkan dengan PIN dan kunci Pola. Tapi terkadang terlalu ribet diterapkan. Misalnya, jika Anda ingin membuka kunci.

Karena kita harus mengetik ulang password dengan benar. Semakin banyak kombinasi angka dan huruf, semakin sulit untuk diterapkan.

Dalam perkembangannya, cara mengunci ponsel semakin canggih. Dengan prinsip menjaga keamanan sekaligus mudah digunakan, developer membuat hal-hal baru.

Misalnya kunci dengan ID WAJAH, IRIS LOCK (kunci dengan iris mata) dan juga Fingerprint (sidik jari).

Ponsel dengan rilis terbaru menawarkan beberapa fasilitas tersebut. Sepertinya aman dan mudah. Namun semuanya selalu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Membuka kunci dengan wajah memang mudah, tetapi untuk kondisi tertentu - seperti kegelapan - bisa menjadi kendala.

Beberapa ponsel sebenarnya tidak aman, karena bisa dibuka dengan menggunakan foto wajah.

Kunci Ponsel Sidik Jari

Ponsel merek Xiaomi tersebut juga memiliki fasilitas sensor sidik jari yang memudahkan pengguna untuk membuka kunci dengan menggunakan sidik jari.

Ponsel lain juga punya, tapi untuk pembahasan kali ini saya ingin membahas tentang kunci sidik jari pada xiaomi khususnya ponsel Poco Phone X3.

Padahal cara ini juga bisa diterapkan pada ponsel lain yang memiliki fasilitas kunci sidik jari atau finggerprint.

Menggunakan kunci sidik jari itu mudah, tetapi bagi sebagian orang menjadi sulit. Misalnya jika tangan mudah berkeringat.

Atau memang perangkat keras ponselnya kurang bagus sehingga kurang responsif dalam mengenali sidik jari.

Beberapa ponsel tidak cukup baik dalam menyediakan sidik jari perangkat keras. Ya, hanya ada fasilitas kunci sidik jari.

Jika ini terjadi, akan sangat sulit menggunakan kunci sidik jari. Bagi pemilik tangan yang berkeringat, perlu beberapa kali percobaan agar bisa berhasil membuka kunci.

Permasalahan yang muncul adalah sensor sidik jari tidak mudah mengenali sidik jari. Beberapa orang pernah mengalami ini. Mungkin Anda juga punya

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan mudah. Tidak perlu menyalahkan ponsel yang kurang canggih.

Masalah sensor sidik jari yang tidak responsif mengenali sidik jari kita bisa jadi karena ada kotoran yang menempel di dalamnya.

Atau bisa juga karena basah oleh keringat atau air. Tetapi jika sensor sidik jari memiliki metode pengenalan sidik jari yang lebih akurat, tidak perlu demikian.

Jadi trik untuk mengatasi masalah kunci Sidik Jari ini cukup menggunakan cara mudah.

Biasanya pengguna ponsel hanya merekam sidik jari satu kali saja. Perekaman sidik jari mungkin berfungsi untuk ponsel dengan sensor terbaik.

Namun untuk ponsel kelas bawah, ini saja belum cukup. Untuk membuat sensor sidik jari lebih responsif, silakan merekam sidik jari Anda beberapa kali.

Misalnya, jika Anda menggunakan ibu jari sebagai pembuka kunci, harap catat sidik jari Anda beberapa kali. Setidaknya 2 rekaman.

Dengan cara ini sensor akan lebih mudah mengenali sidik jari kita dan tentunya akan lebih mudah untuk membuka kunci tanpa harus mengulanginya hingga berhasil.

Jadi, silahkan coba sendiri. Jika cara ini berhasil, silakan bagikan artikel ini kepada orang lain, agar banyak yang mendapatkan keuntungan.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar