Skip to main content

Selain WhatsApp, Ini Adalah Aplikasi Perpesanan yang Bisa Anda Pilih

Sejak diumumkannya aturan kebijakan baru privasi WhatsApp, banyak orang merasa tidak nyaman dan memutuskan untuk keluar dari platform WhatsApp tersebut. Meski pemberlakuan aturan baru ditunda hingga Mei, segelintir orang memilih hengkang dari WhatsApp.

Sebenarnya selain WhatsApp, ada banyak aplikasi chat yang bisa kamu gunakan. Berikut beberapa di antaranya yang dirangkum dari kewalix.com. Agar lebih banyak dan variatif, kamu juga bisa menambahkan aplikasi lainnya yang biasa kamu gunakan untuk bertukar pesan di kolom komentar.

1. WeChat

WeChat adalah komunikasi suara dan pesan teks yang dikembangkan oleh Tencent, China. Aplikasi ini dapat digunakan dibanyak operating sistem mulai dari Android, iOS, hingga Windows Phone dan bahkan platform Symbian.

Aplikasi ini memang populer di negara asalnya. Tetapi bahkan di Indonesia, WeChat adalah aplikasi yang cukup terkenal.

2. LINE

LINE dikembangkan oleh perusahaan Jepang NHN Corporation. Selain memiliki fitur yang bisa dibilang sama dengan aplikasi messaging lainnya, LINE pun dikenal menyediakan stiker lucu yang dapat digunakan saat bertukar pesan.

3. Telegram

Telegram sering disebut-sebut sebagai pesaing terdepan. Ada 11-12 fitur dengan WhatsApp dan diyakini memiliki sistem keamanan yang baik. Sejumlah tokoh seperti Presiden Turki Erdogan baru-baru ini memutuskan pindah memakai Telegram guna lebih menjaga privasi.

4. Sinyal

Mirip dengan Telegram, Signal juga memasukkan aplikasi yang digunakan sebagai tempat 'bermigrasi' bagi para pemakai aplikasi WhatsApp setelah kebijakan privasi baru. Signal juga dinilai oleh banyak ahli memiliki keamanan yang tinggi sehingga cocok untuk anda yang sangat memperhatikan keamanan data.

5. Palapa

Mereka yang mencintai produk Indonesia dan lokal bisa mencoba aplikasi chat ciptaan anak bangsa. Palapa adalah generasi baru aplikasi PeSankita Indonesia. Di Google Play Store, lebih dari 10 ribu telah diunduh.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar