Skip to main content

5 Tips Agar Bisnis Anda Sesuai Target Selama Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan, tentunya pola jam kerja akan berubah mengikuti pola aktivitas yang baru, yaitu di mana umat Islam biasanya berpuasa di siang hari dan (sering) menghadiri sholat tambahan yang dianjurkan pada malam hari seperti sholat paling rendah.

Meskipun jam kerja dan etiket publik berubah selama sebulan, berikut adalah lima tip untuk membantu Anda tetap terhubung dengan perusahaan Anda selama Ramadan.

1. Lakukan Pekerjaan dengan Cepat

Puasa dimulai setelah waktu sholat subuh sekitar jam 4 pagi dan berlanjut hingga malam sekitar jam 6 sore. Tidak hanya waktu yang lama tanpa makan dan minum, seiring berjalannya hari, juga menjadi lebih sulit untuk tetap 100 persen termotivasi.

Jika Anda perlu mengatur pertemuan atau presentasi dengan orang-orang yang berpuasa, usahakan dan jadwalkan untuk memulai hari lebih awal agar tidak mengganggu waktu menjelang buka puasa.

Cobalah dan selesaikan semua rapat Anda dari awal hingga malam, dengan cara itu Anda dapat yakin bahwa Anda mendapatkan fokus dan perhatian terbaik dari perusahaan, tanpa menghalangi hal lain.

2. Bersikaplah ekstra akomodatif

Banyak Muslim tidak mendapatkan tidur malam yang teratur di bulan Ramadhan ini. karena setelah berbuka puasa biasanya di lanjutkan dengan sholat tarawih, kemudian tidur dan segera bangun lagi untuk sahur, biasanya sebagian orang tidur lagi setelah sahur.

Melihat pola tersebut, akan membuat Anda sulit untuk bangun di pagi hari lagi. Sarannya, Anda harus bisa mengatur jadwal Anda dan menyesuaikan pola kerja Anda sesuai dengan perusahaan. Jadi persiapkan jadwal yang sudah kamu rencanakan sesekali.

3. Gabungkan Pekerjaan dan Pertemuan Sosial

Ramadhan mungkin adalah bulan paling sosial, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jaringan buka puasa akan banyak, namun kini di tengah pandemi virus corona, mungkin acara buka puasa bersama perusahaan hanya bisa dilakukan secara online saja, padahal tetap bisa bersosialisasi dengan mitra, kolega, pemasok, dan klien.

4. Tingkatkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Anda

Ramadhan adalah bulan amal. Ada sejumlah organisasi yang akan menjalankan kampanye CSR bulan ini. Anda dapat secara pribadi, atau sebagai perusahaan, berupaya untuk terlibat mulai dari mendonasikan makanan, mengemas paket makanan untuk didistribusikan, kemudian mendistribusikan paket tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan.

5. Lebih Terlibat

Ada banyak hal yang terjadi dalam minggu ini atau lebih, jadi pastikan untuk terlibat. Selama hari-hari Idul Fitri di akhir bulan Ramadhan pastikan untuk melakukan kontak pribadi yang dekat dengan mitra, kolega, pemasok, dan klien, dengan memberi selamat kepada mereka karena berpuasa, atau saling memberi semangat.

Meskipun pekerjaan cenderung sedikit melambat selama Ramadhan, tahun ini cukup unik dalam apa yang dapat Anda capai. Lakukan upaya ekstra, itu akan sangat membantu Anda tidak hanya secara profesional, tetapi juga secara pribadi.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar