Skip to main content

Inilah Penyebab Sering Ngantuk Saat Berpuasa

Saat melakukan aktivitas sambil berpuasa, tentunya banyak yang sering merasa lemas dan mengantuk. Apalagi selama berpuasa kita harus menghindari asupan kafein yang biasa dikonsumsi di pagi hari untuk menambah energi.

Seringkali, rasa kantuk berat yang terus muncul selama aktivitas tersebut menimbulkan kecemasan karena disalahartikan sebagai tanda diabetes. Padahal, salah satu penyebab kantuk di siang hari saat berpuasa adalah karena perubahan pola tidur.

Hal ini dikarenakan pada bulan Ramadhan umat Islam diimbau untuk bangun sebelum subuh untuk sahur, terutama bagi para ibu yang harus bangun lebih pagi dari anggota keluarga lainnya karena harus menyiapkan makanan sahur.

Kalau puasa mungkin karena perubahan pola tidur. Karena kita sahur apalagi siapkan (makan), jadi bangun harus lebih awal. Tapi kalau terkait kencing manis itu hanya pada yang punya. Gula tidak terkontrol dan belum tertular diabetes.

Kurang istirahat selama bulan Ramadhan memang membuat tubuh kurang fit di siang hari saat harus beraktivitas. Selain itu, tubuh yang tidak fit akibat jarang berolahraga saat berpuasa juga menjadi alasan lain seseorang mudah mengantuk.

Ini karena olahraga memiliki peran penting dalam meningkatkan kebugaran dan energi tubuh. Olahraga rutin juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Hanya saja, selama bulan Ramadhan banyak orang yang bolos olahraga karena merasa lemas.

Prinsipnya istirahat yang cukup. Orang yang kurang istirahat pasti tidak fit. Nah itu tandanya orang yang mudah mengantuk.

Kemudian terkait juga dengan fitnes. Jadi dengan orang yang fit dengan olahraga, maka saat dibutuhkan tenaga saat beraktivitas lebih terarah. Dan saat kita akan tidur, kita bisa langsung tidur.

Comment Policy: Silahkan berkomentar sesuai topik pada postingan diatas. Komentar yang berisikan tautan ke halaman lain akan ditinjau terlebih dahulu.
Buka Komentar