Bupati Jember Berencana Pindahkan Lokasi Pemerintahan di Tahun 2022

Admin

Jember - Bupati Jember Hendy Siswanto sempat mengutarakan rencananya untuk memindahkan pusat pemerintahan kabupaten Jember ke lokasi lain. Kantor Bupati yang saat ini berada di selatan alun-alun, dan kantor DPRD di Kecamatan Sumbersari akan digeser ke utara, tepatnya di Desa Bintoro, Kecamatan Patrang.

Hendy mengemukakan rencana pemindahan pusat pemerintahan Jember pada akhir April lalu. Hendy ingin memindahkan pusat pemerintahan dari lokasi saat ini ke lokasi terpadu di Desa Bintoro, Kecamatan Patrang.

Bahkan, dia berencana memulai pemindahan pada 2022. "Kami akan memindahkan gedung pemkab, kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan gedung DPRD pada 2022," kata Hendy saat itu.

Hendy ingin pusat pemerintahan berada dalam satu kompleks kawasan. Sehingga dapat terintegrasi dengan baik. Selain itu juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Rencana Hendy juga disampaikan saat mendengar pemaparan program kerja dari Sekretariat DPRD Jember. Bahkan Hendy juga sempat meminta agar perbaikan gedung berat tidak dilakukan terlebih dahulu.

"Kenapa begitu, karena nanti gedungnya tidak dipakai. Kalau hanya bocor, perbaikan (AC) memang wajib," kata Hendy.

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim mengaku sudah mendengar keinginan Bupati Hendy itu. Hal itu disampaikan Hendy dalam obrolan informal.

"Bagi kami itu tidak formal, itu informal. Kami mengobrol bersama. Tapi ide itu sepertinya sudah disampaikan ke media. Karena saya sempat membaca beritanya," kata Halim kepada detikcom, Selasa (24/8/2021).