Lambang Partai Dicoret PKI, PDIP Lakukan Investigasi

Admin

Pacitan - Kantor DPC PDIP Pacitan menjadi korban vandalisme. Gedung di Jalan WR Supratman menjadi sasaran grafiti. Lambang partai dicoret dengan tulisan 'PKI'. Pihak PDIP juga bertindak cepat dalam menanggapi kasus tersebut.

"Kemarin kami bertemu dengan teman-teman dan juga dengan Kapolri," kata Ketua DPC PDIP Pacitan, Eko Setyoranu, Selasa (24/8/2021).

Kedatangannya bersama tim juga merupakan tindak lanjut dari laporan yang telah disampaikan sebelumnya. Padahal, saat itu polisi sudah mengajukan kasus. Selain itu, pihaknya juga membentuk tim investigasi independen.

Tim, lanjut politisi dari Kecamatan Punung itu, akan menggali informasi terkait kejadian yang menimpa kantor partai berlambang banteng itu. Hasilnya akan disinkronkan dengan hasil penyelidikan polisi.

"Kami tidak tinggal diam karena kami juga ingin menggali informasi yang akan kami sinkronkan dengan aparat kepolisian," jelasnya.

Lalu, adakah titik terang yang mengarah pada pelaku vandalisme berlabel PKI? Eko mengaku enggan berspekulasi. Semua pihak bekerja keras untuk menyelesaikan kasus ini. Ia pun menyerahkan kewenangannya kepada penegak hukum.

"Biar semuanya jelas dan sampaikan ke polisi," tambahnya.

Secara terpisah, Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono mengaku telah menindaklanjuti laporan terkait kejadian yang sempat menimbulkan kehebohan tersebut. Saat ini prosesnya memasuki tahap penyidikan.

Diakuinya, tidak ada CCTV di sekitar lokasi kejadian. Namun, polisi tidak akan menyerah begitu saja. Penyidik, lanjut mantan Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepri itu menggunakan teknik sendiri untuk mengungkapnya.

"Tadi saya perintahkan Satuan Reserse Kriminal untuk ke sana (TKP) lagi. Ada teknik tersendiri yang kami gunakan. Tapi kami tidak bisa membeberkannya ke publik," ujarnya saat dihubungi detikcom.

Sebelumnya, perusakan terjadi di kantor DPC PDIP Pacitan, Jalan WR Supratman. Setidaknya ada 3 grafiti di area tersebut. Mereka semua mengatakan 'PKI'. Coretan pertama terdapat pada lambang kepala banteng yang merupakan bagian dari papan nama kantor. Selanjutnya, tulisan serupa juga ditemukan di dinding dan kaca kantor.